Kecamatan Jombang Membangun Komitmen “ GO PERTANIAN ORGANIK 2013 “

Diposkan tanggal 15/10/2010

53
Mengingat Sumberdaya ekonomi masyarakat tani dipedesaan yang dimiliki adalah lahan pertanian (sawah, tegal, pekarangan), ketiga komponen ini yang memegang peran penting sebagai sumberdaya penghasilan utama adalah lahan sawah. Maka dengan segala daya dan upaya mengembangkan, meningkatkan inovasi teknologi yang dijadikan pilar pembangunan pertanian  dipedesan menuju budaya pertanian organic 2013.
        Dalam hal ini tidaklah mudah perlu keuletan kecermatan, perencanaan yang mantab dan pula yang strategis, maka dikecamatan jombang pada tanggal 7 Oktober 2010 telah berlangsung pertemuan kelembagaan petani, ketua Poktan/ Gapoktan se Wilayah Kecamatan Jombang, Penyuluh Pertanian, Petugas Pertanian Kecamatan, Petugas Pengendalian OPT, Penyalur pupuk bersubsidi serta dihadiri oleh produsen pupuk perwakilan  dari PT. Petro Kimia Gresik.
        Selain pertemuan tersebut menindaklanjuti instruksi Gubernur Jawa Timur No. 2/INST/2010 tentang pengadaan dan penyaluran pupuk bersubsidi untuk sector pertanian, utamanya mengadakan evaluasi pengaturan pupuk tahun 2010 dan menyusun RDKK untuk tahun 2011 serta mengantisipasi adanya perubahan iklim yang ekstrim tidak menutup kemungkinan akan terjadi pada tahun 2011.

Maka hasil pertemuan tersebut dapat kami simpulkan  :
1.    Hasil evaluasi penyaluran pupuk an – organic dari kios pupuk bersubsidi di kecamatan Jombang, kepoktan yang menyangkut pengadaan dan kualitas pupuk cukup memadai.
2.    Penyusunan RDKK dan pola tanam tahun 2010/ 2011 diharapkan selesai  pada 25 Oktober 2010 serta akibat cuaca/ iklim yang ekstrem yang melanda tahun 2010 di Kecamatan Jombang berdasarkan tahun – tahun yang telah lalu tidak pernah ada tanaman padi pada MK. II. Namun pada MK.II tahun 2010 muncul tanaman padi se Wilayah Kecamatan Jombang seluas 37 Ha, sudah barang tentu perubahan pola tanam (perubahan komoditas) mengakibatkan adanya suatu tindakan yang berani yang penuh tantangan dan beresiko, namun telah diperhitungkan berdasarkan curah hujan yang ada.
3.    Sedangkan kita juga dihadapkan dengan melihat hasil uji laboratorium terjadi degradasi tingkat kesuburan tanah hampir merata di wilayah Kecamatan Jombang, hal ini dibuktikan dari hasil laboratorium rata – rata kandungan bahan organic 1% sedangkan normalnya 3 – 5%, keadaan ini diakibatkan pemakaian pupuk an – organic terus menerus dan berlebihan terutama penggunaan urea dalam jangka kurun waktu yang lama.

Keadaan tanah seperti ini tidak bisa dibiarkan berlarut mengingat tanah sawah merupakan modal dasar yang harus didaya gunakan untuk mensejahterakan masyarakat tani dan hal ini selaras dengan telah dicanangkan Menuju Budaya Pertanian Organik 2013 oleh Dinas Pertanian Kabupaten Jombang. Untuk itu di Kecamatan Jombang telah diprogramkan dalam hal ini dapat dilihat di PROGRAMA PENYULUHAN PERTANIAN Kecamatan Jombang yang dibuat setiap tahun, disana sini telah disosialisasikan  dan gerakan-gerakan dalam hal pembuatan MOL, Bokashi, Kompos dari bahan alami yang ada di desa itu, pemanfaatan limbah pertanian serta pembenaman  jerami sampai dengan cara aplikasianya.
Oleh karena telah memahami dan menyadari pada pertemuan Poktan/ Gapoktan tanggal 7 Oktober 2010. Upaya mengembalikan kesubuiran tanah membentuk kesepakatan  : Kecamatan Jombang Membangun Komitmen “ GO PERTANIAN ORGANIK 2013”  dari pencapaian penggunaan organic 30% menjadi  60% pada tahun 2011.
Demikian dengan segala daya upaya kita tempuh sosialisasi, gerakan pembuatan pupuk organic alami (Mol, Bokashi, Kompos, dll) pembenaman jerami, melalui sekolah lapang (SLPTT), temu lapang dimana saja dapat dilaksanakan dan ada kesempatan.

Koordinator  PPL Kec. Jombang
 

Arsip Berita Kecamatan

Halaman : 1  2  3  4  5  6 

HUT ke 55 GOPTKI di KECAMATAN JOMBANG MERIAH

Diposkan tgl 21/2/2012

105Sabtu, tanggal 18 Pebruari 2012 di Pendopo Kecamatan Jombang dan Gedung KORPRI kabupaten Jombang dilaksanakan Lomba mewarnai bagi anak TK Kelompok A dan B se Kecamatan Jombang + 600 orang. Hadir dal

Penutupan Eks Lokalisasi di Desa Tunggorono

Diposkan tgl 17/1/2012

104Dalam rangka meningkatkan ketentraman dan ketertiban serta mewujudkan Kabupaten Jombang sebagai kota santri, Camat Jombang Muji Widodo, SH.MM bersama Muspika lainnya melaksanakan penutupan eks lokalis

Rapat Kerja PKK Kecamatan Jombang

Diposkan tgl 1/12/2012

103Dalam rangka meningkatkan kinerja TP PKK dan Dharma Wanita Persatuan di tingkat Kecamatan dan Desa, serta pemberian pemahaman kesetaraan gender, Kecamatan Jombang melaksanakan pembinaan kepada seluruh

PERINGATAN ISRO’ MI’ROJ NABI MUHAMMAD SAW MUSLIMAT NU & MUSPIKA

Diposkan tgl 30/6/2011

102Wakil Bupati Jombang H. Wijono Soeparno menghadiri acara peringatan Isro’ Mi’roj 1432 H dan Penutupan Pengajian rutin selasa pahing anak cabang Muslimat NU di halaman kantor Kecamatan Jombang pada har

PEMBERIAN CINDERAMATA & SK PENGANGKATAN PNS DI INSTANSI KECAMATAN JOMBANG

Diposkan tgl 23/5/2011

101Hari senin tanggal 23 Mei 2011 bertepatan dengan apel pagi yang dilaksanakan oleh seluruh pegawai Kecamatan Jombang serta UPTD yang berada di kecamatan Jombang, Bapak Camat Jombang MUJI WIDODO, SH.MM